Makan Sehat Masa Kini

Silahkan post komentar, saran, pertanyaan atau input untuk topik bahasan. Seluruh input akan diterima dengan baik atau diresponse dengan seceria mungkin ^__^

Mitos-mitos Diabetes

Posted by rin-rin pada September 7, 2008

Mitos nomor 1: Makan terlalu banyak gula menyebabkan penyakit diabetes.

Penyakit diabetes itu genetik atau disebabkan oleh pola hidup orang masing-masing. Namun, berat badan yang berlebihan akan meningkatkan risiko Anda untuk mendapatkan diabetes tipe 2. Kalau Anda punya sejarah diabetes dikeluarga Anda, maka mempunyai pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur akan sangat di anjurkan untuk mengendalikan berat badan yang ideal.

 

Mitos nomor 2: Orang yang punya penyakit diabetes tidak boleh makan makanan yang manis-manis seperti desserts ataupun cokolat.

Kalau makanan yang manis-manis ataupun cokolat dimakan sebagai bagian dari rencana pola makan kita yang sehat, maka mereka boleh di makan (i.e. kita tidak boleh salah gunakan cara makannya, tapi dengan moderasi). Sebenarnya, makanan yang manis-manis ataupun cokolat tidak lebih “dilarang” untuk penderita diabet daripada orang-orang yang bukan diabet.

 

Mitos nomor 3: Kalau Anda seorang diabet, maka Anda hanya boleh makan sedikit makanan golongan pati (makanan berkabohidrat) seperti nasi, roti, bakmi, kentang, ubi, dll.

Pati adalah bagian dari rencana pola makan sehat kita sehari-hari. Yang lebih penting bukannya tidak makan pati, tapi memperhatikan ukuran porsinya. Karena ukuran porsi yang diasup akan menentukan keseimbangnya gula darah kita. Secara umum untuk para penderita diabetes, takeran untuk makan golongan pati adalah 3 – 4 sajian per hari. Contoh per saji adalah 1 cup nasi, 1 lembar roti tawar, 1 cup kentang atau ubi. Pati jenis whole grain juga adalah sumber serat yang bagus dan akan membantu membuat usus tetap sehat.

 

Mitos nomor 4: Buah-buahan itu makanan sehat, jadi boleh dimakan sebanyak-banyak mungkin.

Emang buah-buahan makan sehat, ia mengandung banyak serat dan juga vitamin dan mineral. Namun buah-buahan juga mengandung kabohidrat, jadi perlu di masukan di dalam meal plan (rencana makan sehari-hari) Anda. Berkonsultasilah dengan dietitian (ahli gizi) Anda untuk memastikan banyaknya, seringnya dan buah-buahan apa saja yang dianjurkan.

 

Mitos nomor 5: Saya tidak perlu mengubah pola makan hidup saya jika saya penderita diabetes ‘ringan’.

Semakin baik glukosa darah terkontrol, semakin kecil resiko Anda untuk mendapatkan komplikasi dari penyakit diabetes. Gula darah terlalu tinggi akan mengakibatan hyperglycemia dimana penderita bisa mengalami fit (kejang-kejang), ataupun jatuh koma karena metabolisme tubuh tidak stabil. Namun glukosa darah rendah juga akan mengakibatkan hypoglycemia dimana penderita bisa rasa pusing dan bisa terjatuh pingsan sehingga membahayakan tubuh. Berkonsultasilah dengan para ahli kesehatan Anda untuk gol kesehatan Anda yang terbaik.

 

Mitos nomor 6:  Diabetes bukanlah suatu penyakit yang sangat bahaya dan mematikan.

Emang penyakit diabetes sendiri tidak mematikan. Namun komplikasi dari diabetes yang bisa membahayakan nyawa Anda. Komplikasi dari diabetes termasuk obesitas, serangan jantung, stroke, mata lamur sampai buta, amputasi, dll.

 

Mitos nomor 7: Orang-orang penderita diabetes harus makan makanan khusus untuk diabetes.

Pola makan sehat untuk penderita diabetes sebenarnya sama saja dengan semua orang—makan makanan yang kadar lemaknya rendah (khususnya lemak jenuh dan lemak trans), pakai garam dan gula yang moderat, makan makanan yang berbasis whole grain, sayur-sayuran dan juga buah-buahan. Makanan yang mengandung gula-gula alternatif itu sebenarnya tidak memberi keuntungan apapun. Ia tetap akan meningkatkan kadar glukosa darah dan sering kali makanan tersebut juga lebih mahal dan terkadang punya efek laxative jika mengandung gula alkohol.

 

Mitos nomor 8: Insulin mengakibatkan kenaikan berat badan. Dan karena obesitas itu tidak bagus, maka insulin tidak seharusnya di pakai.

Kedua pihak dari UKPDS (United Kingdom Prospective Diabetes Study) dan DCCT (Diabetes Control & Complications Trial) sudah membuktikan bahwa management glukosa dengan insulin jauh lebih menguntungkan dari pada resiko kenaikan berat badan.

 

Mitos nomor 9: Para penderita diabetes lebih mudah pendapatkan penyakit flu atau lainnya.

Anda tidak akan mendapatkan penyakit flu atau lainnya lebih mudah dari orang-orang yang bebas diabetes. Namun, penderita diabetes dianjurkan untuk mengambil suntikan immunisasi flu atau lainnya karena infeksi apapun akan bertentangan dengan pengaturan glukosa darah Anda, malah menaruh Anda akan lebih beresiko untuk glukosa darah tinggi. Dan untuk para penderita diabetes tipe 1, Anda lebih meriskan untuk kena ketacidosis.

 

Mitos nomor 10: Anda bisa menular diabetes keorang lain.

Meksipun sampai sekarang, para dokotor dan riset ilmuwan tidak tahu pasti kenapa orang mengebangkan penyakit diabetes didalam tubuhnya, mereka yakin bawah diabetes itu bukan penyakit menular.  Bukan kayak sakit flu atau batuk yang dapat mudah ditularkan. Sepertinya ada hubungan genetik apa lagi diabetes tipe 2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: