Makan Sehat Masa Kini

Silahkan post komentar, saran, pertanyaan atau input untuk topik bahasan. Seluruh input akan diterima dengan baik atau diresponse dengan seceria mungkin ^__^

Menjaga makanan selalu aman disaat keadaan darurat

Posted by rin-rin pada September 7, 2008

Taukah Anda kalau waktu kebanjir, kebakaran, ada bencana, atau peredaman listrik itu bisa membahayakan keamanan makanan Anda? Bukan keamanan takut di curi orang, tapi aman buat di konsumsi oleh kita-kita. Mengetahui cara-cara untuk menentukan apakah makanan yang kita punya itu aman atau tidak dan gimana cara untuk menjaga keamanan makanan akan memperkecil resiko untuk mendapat penyakit yang datangnya dari makanan (misalnya: keracunan makanan, infeksi makanan, diare, dan lain-lain). Di bawah ini adalah tips yang akan membantu Anda untuk menjaga keamanan keluarga Anda sewaktu keadaan darurat.

 

4 S Untuk Menjaga keamanan Makanan Anda

 

1.       Selalu menyimpan daging-dagingan dan telur mentah di dalam lemari es yang suhunya di atau di bawah 4 derajat Celsius dan makanan beku (frozen food) di bawah minus 17 derajat Celsius. Ini akan sulit ketiga tidak ada listrik. Tapi ingat: Selalu tetap menutup pintu lemari es, memperkecil seringnya membuka pintu lemari es, untuk menjaga temperature dingin lemari es sepanjang waktu mungkin. Lemari es akan menjaga keamanan makanan untuk kira-kira 4 jam kalau tidak di buka-buka pintunya. Buang makanan yang mudah rusak seperti daging-dagingan, ikan, telur, makanan sisah yang sudah di luar lemari es lewat dari 2 jam. Freezer yang full atau penuh akan menjaga temperature untuk kira-kira 48 jam (24 jam kalau setengah penuh dan pintu tidak di buka-buka). Kalau makanan masih ada rintikan es kristal atau selalu ada di 4 derajat Celsius atau di bawah itu, maka makanan tersebut (tsb) aman untuk bekuin ulang.

 

2.       Selalu siap untuk keadaan darurat oleh mengadakan makan-makanan di tempat yang tidak usah di masukan ke lemari es dan bisa di makan dingin atau bisa di panasin di panggangan di luar. Pengadaan rak makanan darurat yang stabil. Maksudnya, makanan di rak ini seperti makanan kardusan atau susu kalengan (makanan yang bisa tahan lama) harus selalu cukup dan tidak kadar luarsa untuk keadaan darurat. Pastikan Anda menyediakan makanan bayi dan makanan untuk binatang kesayangan Anda. Dan selalu ingat untuk mengunakan makanan di rak tsb dan menggantikannya dari waktu ke waktu. Pastikan juga Anda sudah siapkan pembuka botol dan kaleng dan lampu senter

 

 

3.       Selalu pikirkan di muka apa yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan makanan di saat keadaan darurat. Kalau Anda tinggal di tempat yang mungkin bisa kebanjiran, rencanakan makanan di rak Anda akan bebas dari kontaminasi air banjir yang tercemar. Pendingin jinjing juga akan jadi pembantu yang luar biasa untuk menyimpan makanan agar suhunya tetap sejuk kalau listrik akan mati untuk lebih dari beberapa jam—siapkanlah beberapa pendingin jinjing dan juga gel-gel beku (frozen gel packs).  Sewaktu freezer tidak penuh, susun makanan sehingga mereka berdekatan, ini akan Bantu makanan untuk tahan dingin lebih lama.

 

4.       Selalu adakan thermometer makanan. Ia akan bantu Anda putuskan apakah makan-makanan ada di suhu yang aman.  Tetapkanlah thermometer makanan di dalam lemari es dan freezer. Lemasi es akan harus di atau di bawah 4 dejarat Celsius dan freezer di atau di bawah minus 17 derajat Celsius. Kalau Anda tidak yakin apa ada makanan yang cukup dingin atau tidak, ambillah temperature makanan tsb.

Satu Tanggapan to “Menjaga makanan selalu aman disaat keadaan darurat”

  1. reedzq said

    blog ini menarik lho… coba di share aja di situs social bookmarking ini>>>

    http://www.lintasberita.com/

    mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini.. ok deyh.. keep up the great job ok.. thanks..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: