Makan Sehat Masa Kini

Silahkan post komentar, saran, pertanyaan atau input untuk topik bahasan. Seluruh input akan diterima dengan baik atau diresponse dengan seceria mungkin ^__^

Cara masak seperti apa yang cocok untuk kesehatan kita?

Posted by rin-rin pada September 7, 2008

Banyak sekali metode-metode untuk memasak. Tapi metode masak mana yang paling sehat ya??? Makanan tertentu akan terbaik di masak dengan metode tertentu untuk mengeluarkan gizi-gizi yang terbaik.

Semua makanan kabohidrat mengeluarkan energi lebih cepat setelah di masak (matang). Lebih lama waktunya kita memasak sesuatu dan lebih tinggi suhunya, akan lebih cepat makanan itu mengeluarkan energinya.

Semua makanan kabohidrat mempunyai kadar Glycaemix Index (GI). Lebih rendah kadar GI, akan lebih banyak memuaskan selera atau apetit kita sewaktu makanan itu mengeluarkan energinya dari makanan pelan-pelan dan memuaskan kelaparan kita lebih lama. Jadi oleh karena itu, akan lebih baik kalau kita makan makanan yang sedekat mungkin dengan mentah (kurangin waktu masak, jangan sampai kelamaan), terutama sewaktu kita lagi usaha menurunkan berat badan.

Ini bukan berarti kita tiada akhirnya makan salad terus meskipun sehat. Kita bisa kukus (steam), steam-fry (mengganti minyak dengan air untuk goring), rebus, poach (rebus dengan air sedikit) makanan tanpa memasaknya sampai mereka ‘mati’ habis-habisan!  Berikutnya yang lebih baik untuk kesehatan adalah baking ( panggang di dalam oven), grilling (panggan di atas panggangan), dan sautéing atau stir-frying (menggoreng sebentar). Metode yang paling buruk adalah menggoreng (dengan minyak dikit maupun banyak).

Mari kita melihat beberapa metode masak sama-sama:



Steaming adalah cara yang terbaik untuk masak sayur-sayuran karena ia melindungi kebanyakan vitamin dari sayur-sayuran dan juga memperkecil kenaikan kadar GI. Metode ini sangat baik untuk masak kebanyakan jenis makanan termasuk sayur-sayuran dan ikan. Namun, kalu mengkukus sayuran yang mengandung kanji dan daging merah, waktu masaknya akan lebih lama.

Boiling akan menaikan kadar GI makanan lebih banyak dari mengkukus tapi lebih sedikit daripada panggang di dalam over (baking). Perubahan kadar GI di minimalisirkan oleh menggunakan sedikit air mungkin dan tetap makanan sebisa mungkin tertutup dan masak makanan seutuh mungkin. Dan juga, biaskan makan sayur-sayuran dalam keadaan renyah dan tidak lembek.

Steam frying yang pastinya akan menambah banyak rasa tanpa mengkompromi dengan kesehatan! Keuntungan dari steam frying adalah temperature yang di gunakan rendah jadi tidak merusak bahan gizi yang ada di dalam makanan dan cuman perlu menggunakan minyak sedikit jika perlu. Pastikan untuk menjaga sayur-sayuran di kondisi renyah bukan lembek.

Metode Steam frying: Gunakan panci yang dangkal atau panci penggorengan yang tebal dengan dasar yang tebal dan tutup yang erat. Kita bisa steam fry tanpa menggunakan minyak oleh pertama menambahkan 2 sedok makan cairan ke dalam panci dengan api yang kecil—air, kaldu, kecap, ataupun saos yang akan di gunakan untuk hidangan itu.

Seketika cairan mendidih, langsung tambahkan sayur-sayuran dan sauté dengan cepat untuk beberapa menit. Setelah itu memutar api lebih besar dan menambahkan 1 – 2 sedok makan cariran lagi dan langsung menutup panci dengan erat. Redupkan apinya setelah beberapa menit dan biarkan cairan menguap sampai matang.



Poaching mirip seperti steam frying ataupun sautéing. Kita bisa masak hidangan yang lezat dengan munggunakan saos yang berdasarkan air. Misalnya: kita bisa masak ikan dengan kaldu sayur yang di bumbui oleh jahe, bawang putih, lemongrass, bumbu-bumbu, dan bahkan arak atau anggur (alkoholnya akan menguap).

Waterless cooking (memasak tanpa air) memerlukan panci-panci tertentu yang didisain khusus agar kita bisa “rebus” makanan dengan cara menguapkan makanan oleh jus mereka sendiri dan juga “menggoreng” makanan tanpa minyak. Dua metode ini sangat bagus untuk melestarikan gizi-gizi dan rasa di makanan.

Baking berguna untuk makanan yang besar bentuknya dan tebal kulitnya seperti masak ayam turkey atau pumpkin. Menghindar mengoles minyak atau mentega ke makanan yang mau di panggang karena akan terjadi oxidasi yang akan menciptakan radikal bebas (menurunkan antioxidant tubuh kita) yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Kita bisa memanggang kentang ataupun ubi dll tanpa minyak. Lebih tinggi temperature untuk masak dan lebih lama waktu masak akan meningkatkan kadar GI makanan.



Frying harus di gunakan seminimal mungkin dan mengoreng kering pakai minyak banyak mending dihindarkan saja. Waktu kita menggoreng, gunakan minyak sawit atau mentega yang sifatnya lemak jenuh di bandingkan minyak lain yang tidak jenuh malah cenderung beroxidasi dan menciptakan radikal bebas.

Grilling makanan yang mengandung lemak lebih bagus daripada mengorengnya, tapi kalau masaknya terlalu coklat ataupun gosong, radikal bebas akan tercipta dan merusak badan kita juka di makan. Hindari makanan panggangan (barbekyu) atau setidaknya memastikan bawah makanan tidak gosong (coklat-coklat / hitam-hitam garing-garing).

3 Tanggapan to “Cara masak seperti apa yang cocok untuk kesehatan kita?”

  1. infogue said

    Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://kesehatan.infogue.com/cara_masak_seperti_apa_yang_cocok_untuk_kesehatan_kita_

  2. mau nanya, antara clazing, etuver, blanching, boiling,sauting mana yang paling baik? n masing2 apa klebihan n kekurangannya? arigatou gozaimasu

  3. rin-rin said

    Halo Arina,
    terima kasih atas pertanyaannya. Semoga tulisan yang dibawah akan bantu menjawab pertanyaan Anda ^__^

    Glazing — adalah teknik memasak yang biasanya menggunakan gula untuk melapis permukaan makanan. Hasil dari teknik tersebut membuat permukaan makanan menjadi mengkilap, sebagai contoh: donut, icing di kue tart. Tentu saja hasil dari teknik ini membuat makanan berkalori tinggi.

    Etuver– Teknik memasak daging atau sebagainya dengan menutup rapat dean sedikit air. Teknik ini biasanya lebih cocok untuk membuat daging menjadi empuk. Etuver sebaiknya tidak digunakkan untuk memasak sayur, karena jangka waktunya terlalu lama dan dapat menyebabkan hilangnya nutrisi dari 30-60%. Lebih baik bila sayuran ditambahkan di tahap terakhir, dan jangan biarkan sayuran dibiarkan panas dalam lebih dari 20 menit.

    Blanch- Teknik memasak untuk sayur dimana sayur direndam di air panas dalam waktu singkat ( 30 detik-1 menit). Mengeksposikan sayur ke temperature yang tinggi juga dapat menyebabkan hilangnya nutrisi. Biasanya nutrisi yang hilang berupa klorofil dam flavonoids (antioksidan), vitamin c, vitamin B (folic acid) dan beberapa mineral lainnya. Tingkat hilangnay nutrisi berkisar dari 20-30%. Blanching ini teknik yang sangat berguna, bila anda berniat untuk memperpanjang umurnya sayur. Karena enzyme yang mempercepat rusaknya sayur tidak aktif lagi.

    Boiling- Mendidihkan makanan dengan temperature yang tinggi 100C . Waktu yang digunakan biasanya lebih panjang dibandingkan blanching. Tingkat hilangnya nutrisi juga lebih tinggi dibandingkan blanching antara 50-70%. Nutrisi yang hilang biasanya dalam bentuk vitamin c, folate acid, thiamin, dan beberapa macam antioksidan.
    Sauting- menumis makanan dengan minyak atau mentega. Suhu yang digunakan untuk sautéed biasanya kita diukur dari panasanya minyak atau mentega yang meleleh. Teknik ini biasanya lebih sehat dibanding dari semuanya. Karena kita bisa subsitasi minyak yang lebih sehat, seperti olive oil. Selain itu kita bisa menentukan jumlah banyaknya minyak yang diinginkan. Tahap memasak ini juga dapet menyebakakn hilangnya nutrisi. Vitamin C juga sangat sensitive dengan suhu tinggi. Tapi teknik masak ini tidak melarutkan nutrisi-nutrisi tersebut , karena jumlah air yang digunakan sangat minim sehingga nutrisi-nutrisi tersebut tertampung dari masakan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: