Makan Sehat Masa Kini

Silahkan post komentar, saran, pertanyaan atau input untuk topik bahasan. Seluruh input akan diterima dengan baik atau diresponse dengan seceria mungkin ^__^

5 sampai dengan 9 asupan buah-buahan / sayuran untuk lebih sehat

Posted by rin-rin pada September 7, 2008

5 per hari untuk lebih sehat adalah program yang di jalankan di seluruh daerah di America. Program ini memotifasikan orang-orang America untuk makan 5 sampai dengan 9 sajian buah-buahan dan sayur-sayuran per hari. Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran akan membantu meningkatkan kesehatan dan juga menurunkan resiko untuk banyak penyakit seperti kanker, hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, stroke, serangan jantung, dan penyakit lain yang kronis. Rekomendasi konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran agak sedikit berbeda dengan berbeda usia. Anak-anak yang berusia 2 sampai dengan 6 di anjurkan untuk makan paling sedikit 5 sajian buah-buahan dan sayur-sayuran per hari. Untuk anak-anak remaja (usia 13-18), dan wanita dewasa (usia 18 keatas) yang aktif, Anda di anjurkan untuk makan paling sedikit 7 sajian buah-buahan dan sayur-sayuran. Rekomendasi untuk anak-anak remaja laki-laki (usia 13-18) yang aktif dan lelaki dewasa (usia di atas 18) adalah makan buah-buahan dan sayur-sayuran paling sedikit 9 sajian per hari.

 

Saji, sajian… Sebenarnya per saji itu seberapa sih??

Biasanya 1 sajian buah apapun atau sayur apapun itu kira-kira seukuran telapak tangan kita masing-masing. Tabel di bawah ini kira-kira mencontohkan per saji itu apa:

 

Jenis Makanan

Ukuran per Saji

100% jus buah atau sayur

6 oz

Buah-buahan

1 medium

Sayur-sayuran hijau yang mentah

1 cup

Sayur-sayuran matang

½ cup

Buah atau sayur yang di potong-potong

½ cup

Buah-buahan kering

¼ cup

Biji-bijian atau kacang-kacangan serperti buncis, kacang kapri, kacang polong yang sudah di masak (matang)

½ cup

 

 

Kenyataannya kebanyakan orang di Indonesia tidak mencukupi konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang sudah di anjurkan, ini hal yang bener-bener disesali. Malah kebanyakan dari kita justru tidak makan buah-buahan ataupun sayur-sayuran sama sekali.

 

Faktor-faktor yang mungkin jadi alas an kenapa kita tidak makan buah-buahan dan sayur-sayuran termasuk tapi tidak dibataskan oleh pilihan makanan kita, ketersediannya makanan, harga buah-buahan atau sayur-sayuran lebih mahal di bandingkan jenis makanan yang lain, kemudahan rusaknya buah-buahan dan sayur-sayuran, ataupun mitos kalau daging-dagingan dan nasi lebih bergizi daripada buah-buahan dan sayur-sayuran.

 

Bangun pagi, makan sarapan besar dan mengeyangkan untuk hari yang panjang, nasi uduk atau nasi goreng, ataupun yang lainnya… Sampai ke kantor jam 8 atau jam 9an, siap-siap semangat kerja… Eh eh, tapi jam 10 pagi ngantuk dan lelah. Kenapa ya? Ah entahlah, mungking semalam aku kecapaian. Pergi ke mesin kopi dan pesta kafein, gula, dan susu untuk ngecas ulang energi kita. Setelah itu bekerja sebentar… Teng!! Jam 12 tiba, waktunya makan siang dan istirahat. Hajar lagi dengan legitnya nasi langgi atau nasi gudeg, atau mie ayam sih abang di seberang jalan. Balik ke kantor semangat kerja… Toing Toing Toing… Jam 3 sore ngantuk lagi… Jalan lagi ke mesin kopi dan seterusnya… Apakah semua ini kedengarannya familiar sekali? Bahkan banyak dari kita sepertinya sudah jadi rutinitas kita sehari-hari.

Emang ada benarnya kalau makan daging dan nasi itu memberikan energi ke tubuh kita, tapi mereka hanyalah energi sesaat (rush of energy), yang sering terjadi justru kita makan nasi dan daging terlalu banyak dah terlalu kenyang, yang ada kita di kantor malah menjadi ngantuk karena daging-dagingan dan nasi membutuhkan energi banyak dari tubuh kita untuk mencernanya, dan terus kita minum kopi susu yang juga sifatnya temporer… Yang berkerjanya di dalam kantor malah kita habis makan seringnya duduk berjam-jam untuk berkerja. Kebiasaan ini terus menumpuk sehingga kita sering kali berpikir, “Kenapa gua gp (gede perut) gini ya?”

 

Sebenarnya banyak juga cara-cara yang bisa di pakai untuk meningkatan atau memenuhi kebutuhan buah-buahan dan sayur-sayur yang di butuhkan oleh tubuh kita. Misalnya: setiap Anda punya pilihan, pilihlah memakan buah-buahan dan sayur-sayuran lebih banyak dan mengurangi daging-dagingan atau ukuran nasi Anda. Bawalah buah-buahan kering untuk menggantikan snack-snack Anda yang lainnya. Waktu merencanakan hari yang sibuk, masukilah buah-buahan atau salad ke dalam tas Anda untuk di makan sewaktu senggang. Atau kalau lagi makan pizza, tambahin topping sayur-sayurannya lebih banyal dari daging-dagingnya. Sekali Anda temukan apa yang Anda sukai, Anda akan bisa menjadi kreatif untuk menyertakan buah-buahan dan sayur-sayuran ke dalam hidup Anda sehari-hari.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: