Makan Sehat Masa Kini

Silahkan post komentar, saran, pertanyaan atau input untuk topik bahasan. Seluruh input akan diterima dengan baik atau diresponse dengan seceria mungkin ^__^

Eating Disorder

Posted by rin-rin pada September 7, 2008

Penderita eating disorder (gangguan makanan) menegaskan kekhawatirannya terhadap hal-hal yang ekstrim, mengembangkan kebiasaan memakan yang dapat mengancam kesehatan atau nyawa sang penderita. Di Tanya-Jawab seksi ini akan menjelaskan bagaimana psychotheraphy dapat membantu penderita pulih dari semakin umumnya gangguan makan tersebut.

Di antara kalangan yang  terus menerus memuja kelangsingan walaupun semakin banyaknya orang Amerika yang “heavier” (gemuk), hampir setiap orang adakalanya khawatir dengan berat badannya.  Penderita eating disorder menegaskan kekhawatirannya terhadap hal-hal yang ekstrim, mengembangkan kebiasaan memakan yang dapat mengancam kesehatan atau nyawa sang penderita. Di Tanya-Jawab seksi ini akan menjelaskan bagaimana psychotheraphy dapat membantu penderita pulih dari semakin umumnya gangguan makan tersebut.

 

Apakah eating disorder yang utama?

Ada tiga tipe utama dari eating disorder: 

1. Penderita anorexia nervosa (gangguan makanan) mempunyai kesan bodi yang distorsi yang menyebabkan mereka melihat diri mereka sendiri sebagai overweight (berat badan yang berlebihan) walaupun dirinya sangat kurus. Penderita anorexia sering menolak untuk makan, olaharga secara kompulsif, dan mempunyai kebiasaan yang aneh seperti menolak memakan makanannya di depan orang lain, memaksa dirinya menderita kelaparan walaupun berat badannya telah turun seacra dratis.

2. Penderita bulimia nervosa cenderung mengkonsumsi makanannya dalam jumlah yang besar, lalu mencoba purging (mencuci perutnya) dari makanan dan kalori-kalori dengan menggunakan laxative, enemas atau diuretic, muntah atau olahraga. Penderita sering melakukan hal tersebut secara sekretif, mereka merasa jijik dan malu pada saat memuntahkan makanan, tapi juga berasa lega dai tensi dan emosi negative setelah perutnya telah kosong.

3. Seperti penderita bulimia, penderita binge eating disorder sering mengalami episode-episode mengkomsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan. Perbedaan antara penderita bulimia dan penderita binge eating disorder adalah penderita binge disorder tidak melakukan “purging” (mencuci perut) dari ekstra kalori.  

Sangatlah penting untuk mencegah perkembangan sifat-sifat yang bermasalah menjadi full-fledged eating disorder. Anorexia dan bulimia biasanya didahulukan dengan diet yang seksama dan turunnya berat badan. Binge eating dioder dimulai dengan memuntahkan makanannya sekali-kali. Di saat gangguan makanan mulai mempunyai dampak yang desktrusi terhadap fungsi seseorang atau image seseorang, tepat saatnya untuk konsultasi dengan mental health professional, seperti phycologist yang berlisensi dan berpengalaman menangani penderita-penderita gangguan makanan.

 

 

 

Sapa penderita dari eating disorders?

Bedasarkan National Institute of Mental Health, 90% kasus ganguan makanan dating dari para remaja dan khususnya remaja puteri. Tapi, gangguan makanan tidak hanya menjadi masalah antara remaja puteri seperti yang digambarkan di media. Wanita dewasa, Pria, dan remaja putera juga bisa mempunyai gangguan tersebut. Dan semakin meningkatnya etnik monoriti yang menjadi mangsa dari penyakit menghancurkan ini.

Penderita kadang-kadang memiliki gangguan makanan tanpa disadarin dan sepengetahuan keluarganya atau teman-temanya. Waspada akan sikap mereka yang abnormal, penderita gangguan makanan menarik dirinya secara social, menyembunyikan sikapnya dan menyangkal pola makan yang bermasalah. Untuk menarik diagnosis yang akurat diperlukan psychologist berlensisi atau ahli mental health.

Apa penyebab eating disorders?

Beberapa factor psychologic dapat mempengaruhi seseorang untuk mempunyai gangguan makanan. Rumah tangga atau pertalian hubunagn yang disfungsi adalah satu satu factor. Kepribadian individual juga dapat kontribusi terhadap gangguan tersebut. Secara umumnya penderita menderita low self-esteem (tidak percaya diri), perasaan yang tidak berdaya, dan perasaan yang tidak puas yang hebat terhadap penampilan dirinya. Ciri-ciri spesifik menghubungkan gangguan teserbut satu sama lainnya, conthohnya seperti penderita anorexia cenderung perfeksionis, dan penderita builimia cenderung impulsive. Faktor fiksi seperti genetics juga menjadi unsur resiko. 

Kenapa penting untuk mencari treatment untuk penyakit ini?

Riset mengindikasikan bahwa gangguan makanan yang berasal secara phycologic cenderung tidak dapat bisa diobati. Tapi gangguan makanan tidak dapat sembuh dengan begitu saja. Dan membiarkan tanpa dirawat dapat membawa akibat serius. Pada kenyataannya, National Institute of Mental health, memperkirakan dari 1 antara 10 kasus anorexia diakhiri dengan mati kelaparan, bunuh diri atau komplikasi medis sepearti penyakit jantung atau gangguan ginjal.

Gangguan makanan dapat merusak tubuh. Masalah fisik berassosiasi dengan gangguan makanan seperti anemia, palpitations, rambut rontok, tulang merapuk, kerusakan gigi, esophagitis dan berhentinya menstruasi. Penderita binge disorder juga bisa memilik hipertansi, diabetes, dan masalah lainnya yang berhubungan dengan obesitas. 

Gangguan makanan juga diassosikan dengan mental disoders seperti depressi. Ahil riset masih belum mengetahui bila gangguan makanan adalalah gejala dari mental disorder atau mental disorder berasal dari isolasi, stigma dan perubahan physiology ditempa dari gangguan makanan. Yang jelas, penderita gangguan makanan menderita ganggaun mental lebih tinggi, seperti depressi, anxiety disorders, dan obat-obatan disbanding dengan orang sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: