Makan Sehat Masa Kini

Silahkan post komentar, saran, pertanyaan atau input untuk topik bahasan. Seluruh input akan diterima dengan baik atau diresponse dengan seceria mungkin ^__^

Mengatasi stress dilingkungan kerja

Posted by rin-rin pada September 7, 2008

Kebaikan adalah tingkat kesehatan yang dinamis, dimana meliputi fisik seseorang, emosi, intelektual, spiritual, interpersonal, sosial dan kesejahteraan lingkungan. Untuk mendapatkan tingkat kesejahteraan, anda harus merancang hidup anda dari beberapa faktor ini. Bagaimanapun ini tidak selalu mudah. Seringkali waktu, hal-hal searah. Di tempat kerja , sangat sibuk dan terkadang melewatkan makan siang atau tidak ada waktu untuk berpikir. Seringkali kita duduk tanpa beristirahat atau terlalu memaksakan diri sendiri dgn tugas2 rutin. Meskipun hal2 ini bisa menimbulkan halangan utk kesejahteraan, ada sesuatu yang dapat anda kerjakan sehari2. Sebagai contoh:

 

ü       Mulai hari anda dgn makan pagi yang seimbang. ini akan memberikan anda energy yang cukup untuk memulai aktivitas anda

 

ü       Makan makanan kecil ketika lapar. Kacang2an dan buah2an baik untuk dicoba.

 

ü       Istirahat sebentar dari komputer Anda. Liat keluar atau gunakan imajinasi anda dan pergi keluar yang menenangkan anda

 

ü       Kalau pusing, ambil beberapa menit dan focus bernapas. Tarik napas 2 detik melalui hidung, dan hembuskan 4 detik lewat hidung, dan ulangi 10 kali

 

ü       Jika tubuh anda merasa tegang, khususnya pada punggung bawah anda, lakukan pelenturan. Ketika duduk di kursi anda, jatuhkan diri anda seperti boneka dari potongan kain. Merasa lemas dan santai, berdiri dan angkat kepala. Jangan lupa utk meregangkan leher, tangan, punggung, perut, kaki dan tangan.

 

ü       Makan siang yang bergizi supaya memberikan cukup energy sepanjang hari.

 

ü       Prioritaskan pekerjaan anda. Atur apa yang harus dikerjakan, dan cek tugas2 ketika selesai. Belajar utk mendelegasikan tugas2 dan menjadi team player. Mengolah system dukung

 

ü       Jauhkan kekacaukan dan atur  meja anda.

 

ü       Coba untuk tetap aktif. Gunakan tangga daripada elevator. Berjalan dengan cepat di luar selama istirahat siang. Ini senantiasa melakukan latihan melewati hari dan membuat peredaran darah dalam tubuh berjalan

 

Akhirnya, dalam perjalan pulang ke rumah lakukan selsuatu yang menyenangkan thd diri anda. Pergi ke gym untuk mehilangkan stress dan meningkatkan endorphins. Mendengar music selama perjalanan pulang. Rencanakan mempersiapkan makan malam yang sehat saat di rumah (atau beli sesuatu dalam perjalanan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: