Makan Sehat Masa Kini

Silahkan post komentar, saran, pertanyaan atau input untuk topik bahasan. Seluruh input akan diterima dengan baik atau diresponse dengan seceria mungkin ^__^

Panduan untuk mengerti label makanan

Posted by rin-rin pada September 2, 2008

Ukuran Sajian dan Sajian per Kontainer

§  Diletakan di atas label makanan, ukuran sajian makanan adalah jumlah makanan yang perlu di makan untuk mendapatkan jumlah gizi yang tertera di fakta label nutrisi (nutrition facts label). Jumlah ini dengan unit umum seperti cangkir atau keping, dan juga gram.

§  Dan juga terdaftar di atas adalah jumlah sajian per kontainer. Bahkan paket yang kecil aja bisa berisi lebih dari 1 sajian. Jadi kalau kita makan 2 sajian, jumlah kalori dan gizi-gizi lain ya juga di kalikan 2.

 

Kalori

§  Jumlah kalori per sajian juga di tunjukan. Kalori menyediakan ukuran dari seberapa banyak energi yang kita dapatkan dari per sajian makanan.

§  Di bawah adalah contoh cara untuk  menghitung jumlah yang kita makan dalam bentuk kalori. Jadi jika ada 2 sajian per paket pada 250 kalori dan kita sudah makan seluruh paketnya, maka kita sudah mengkonsumsi 500 kalori dan 2 kali gizi-gizi yang ada dalam makanan tersebut.

Contoh 1:        2 sajian  X  250 kalori =   500 kalori

Contoh 2:        4 sajian  X  250 kalori = 1000 kalori

 

Kalori dari Lemak

§  Komponen dari label makanan ini menyediakan informasi mengenai berapa banyaknya kalori per sajian datang dari lemak.

2000 x 30% = 600 kalori  dari lemak yang direkomendasikan untuk satu hari

§  If a serving of the above product provides 110 calories from fat then 490 calories from fat are left which can be consumed during the remainder of the day.

§  Kalau 1 sajian dari product di atas menyediakan 110 kalori dari lemak, maka 490 kalori dari lemak yang tertinggal yang bisa dikonsumsi selama sisah harinya.

600 kalori – 110 kalori = 490 kalori tersisah

§  Kalori yang datang dari lemak se per 1 sajian harus di jangkauan 10%-30%

Contoh 1:     120 kalori dari lemak ÷ 260 total kalori per sajian  x 100 =  46 %

 

Persentase Nilai Harian (%Daily Value – DV)

§  Berdasarkan atas 2,000 kalori diet per hari, DV di uraikan di tangan kanan kolom di dalam persentase dan menyediakan informasi mengenai berapa bahan gizi yang kita dapat per sajian. DV berdasarkan atas United States Department of Agriculture (USDA) Recommended Daily Allowances (RDA) atau rekomendasi harian yang di izinkan.

§  Vitamin dan mineral juga terurai sebagai persentase nilai harian. Vitamin A, Vitamin C, calcium dan zat besi adalah vitamin dan mineral yang biasanya terlihat di atas label kerena keperluan khusus yang di perlukan oleh tubuh kita.  Tujuan kita untuk ini adalah konsumsi 100% untuk setiap bahan gizi.

§  Komponen terbatas diatas label makan yang tidak di uraikan persentase DV termasuk gula dan lemak trans (trans fat).

§  Jika 1 sajian mengandung 30% calcium, maka kita disediakan 30% dari asupan rekomendasi harian untuk calcium dan musti memperoleh sisah 70% yang di perlukan dari sumber makanan yang lain.

 

Total Lemak

§  Menyediakan informasi mengenai kadar lemak dalam gram di dalam 1 sajian. Berdasarkan 2,000 kalori diet per hari, 60gram atau kurang yang harus di konsumsi per hari.

§  Lemak  akan lebih lanjut di categorikan dan diuraikan dengan berikut: jenuh, trans, tidak jenuh, dan kolesterol. Mengkonsumsi produk-produk yang kadar lemak jenuh dan lemak trans nya tinggi harus di kurangi.

 

 

 

Total Kabohidrat

§  Beberapa tipe kabohidrat mengkontribusikan ke kabohidrat total yang teruraikan dalam gram di atas label nutrisi.

§  Kabohidrat ada 2 categori utama , kompleks dan simpel. Tubuh kita memperlukan kabohidrat untuk berfungsi khususnya otak tubuh.

§  Kabohidrat komplesks termasuk: buah-buahan, sayur-sayuran, roti gandum, pasta, beras, beras merah, dan cereal fiber tinggi. Kabohidrat simpel termasuk gula dan makanan yang sudah di process.

§  Subkategori dari kabohidrat total yang terurai di label makanan termasuk fiber dan gula. Di label, carilah angka untuk fiber yang lebih tinggi dan gula yang lebih rendah untuk lebih sehat.

 

Sodium (garam)

§  Sodium adalah conten garam produk yang biasanya terurai dalam milligram.

§  Meskipun garam di perlukan dengan tubuh kita untuk bermacam process, asupan terlalu banyak garam akan mengakibatkan retensi air dalam tubuh sehingga tekanan darah naik. Berdasarkan diet 2,000 per hari, USDA mengrekomendasikan asupan garam tidak lebih dari 2,400mg per hari. 2,400 mg per hari.

 

Protein

§  Protein di uraikan di label makanan dalam gram. Untuk diet 2,000 kalori per hari, kira-kira 10%-20% dari kalori itu harus datangnya dari protein, tergantung kebutuhan masing-masing individu.

§  % DV tidak teruraikan untuk protein karena melihat dari pola makan kita, biasanya kita tidak kekurangan protein. Kecuali kalau produknya bermaksud untuk balita atau bayi, maka %DV untuk protein akan di uraikan di label makanan.

 

______________________________________________________________________________________

 

Petunjuk Utama yang Harus Diperhatikan

 

Ø Cari ukuran sajian dan bandingkan dengan sajian per kontainer.

Ø Pilih produk-produk yang rendah di kadar lemak totalnya, terutama di lemak jenuh.

Ø Cari produk dengan kadar fibernya tinggi dan kadar gulanya rendah daripada hanya memperhatikan Kabohidrat totalnya.

Ø Gunakan produk-produk rendah sodium (garam).

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: