Makan Sehat Masa Kini

Silahkan post komentar, saran, pertanyaan atau input untuk topik bahasan. Seluruh input akan diterima dengan baik atau diresponse dengan seceria mungkin ^__^

BERASA NGGA KALAU ABIS BULAN PUASA BERAT BADAN NAIK LEBIH CEPAT?

Posted by rin-rin pada September 2, 2008

Itu bukan hanya karena kita makan banyak di Hari Raya. Tapi juga karena efek dari metabolisme tubuh kita.

 

Pertama-tama, saya ingin menjelaskan proses metabolisme tubuh. Setelah kita makan, biasanya tubuh butuh waktu kira-kira 3 sampai dengan 4 jam untuk mencerna. Dan setelah itu, tubuh kita masuk ke yang di namakan ‘starvation mode (mode kelaparan)’. Di dalam starvation mode ini, tubuh kita menggunakan ketone bodies dari otot kita sebagai energi. Itu sebabnya para dietitian (ahli gizi) tidak akan setuju dengan diet tidak makan dan tidak olahraga. Kita bisa lihat diri kita sendiri ataupun orangorang yang disekitar kita yang berdiet tanpa olahraga.

Mereka akan keliatan lebih kurus tapi tidak lebih fit. Malah lebih ‘lembek’. Itu karena yang terkuras dari tubuh sebagai energi bukan lemak yang kita mau buang, tapi justru otot yang kita mau simpan disertai cairan yang pertahankan pelembaban kulit.

 

Bagi anda yang masih penasaran, sampai kapan kita diet tidak makan baru tubuh kita akan menggunakan fat storage (cadangan lemak) kita sebagai energi… jawabannya adalah 48 jam setelah tidak makan, dan itu juga setelah tubuh kita habis menguras energi dari otot-otot kita.

 

Jadi secara otomatis di bulan puasa, karena kita makan nya lebih jarang, metabolisme tubuh kita akan turun (di terminkan ‘hibernasi’). Dalam mode hibernasi ini, seperti beruang kutup, tubuh kita simpan lebih banyak lemak untuk di pakai nanti. Jadi, di dukung dengan metabolisme kita yang sudah rendah, di hajar makan banyak di hari-hari idul fitri jadilah berat bandan yang lebih tinggi bahkan dari sebelum kita mulai puasa…

 

Tapi ada berita gembira, kita bisa mengatasi itu. Adakah tips-tips yang berguna untuk kita meningkatkan metabolisme tubuh kita lagi setelah puasa dan menjalankan hari idul fitri yang mengembirakan tanpa rasa sesal nantinya karena berat badan naik?

 

Tentu saja ada!

 

1)      Jangan makan kayak tidak ada hari esok.

Itu artinya, meskipun kita sedang merayakan idul fitri, kita harus tetap ingat tentang kesehatan, dan menyayangi tubuh kita. Jangan kita biarkan pikiran kita menyiksa tubuh kita oleh menjejeli tubuh kita dengan makanan yang berlebihan kuantitasnya sehingga tubuh kita jadi kaget dan sakit karena harus bekerja keras setelah sekian lama beristirahat (dalam mode hibernasi).

 

2)      Makan sedikit2 tapi sering

Ini berarti kita makan secukupnya nga terlalu kenyang dan juga ngga berasa lapar, dan di samping itu kita makan snack sehat setiap 3 jam (seperti 1 buah apel medium, 1 lembar roti gandum/tawar, 1 potong coklat kecil, semua yang kira-kira hanya 100 kalori) untuk menjaga dan meningkatkan metabolise tubuh kita agar bisa menjadi lebih efisien.

 

 

3)      Olaraga

Olaraga akan membantu tubuh kita membangun massa otot yang akan meningkatkan metabolisme tubuh kita sehingga kita tidak mudah naik berat badan. Metabolisme tubuh dan massa otot itu saling mendukung. Jadi dengan kata lain, lebih banyak kita mempunyai massa otot lebih tinggi juga akan metabolisme tubuh kita sehingga tubuh kita akan jadi lebih fit. Kalau kita mempunyai metabolisme tubuh yang tinggi, kita tidak mudah gemuk karena tubuh kita akan mengunakan makanan yang kita masuki ke dalam tubuh secara effisien sebagai energi.

 

4)      Meningkatkan konsumsi fiber dan kurangi konsumsi lemak

Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung banyak serat-serat dan tidak termasuk dalam hitungan masukan kalori kita. Serat membuat kita berasa lebih kenyang. Jadi kalau lagi makan, di sarankan untuk makan sayur-sayuran terlebih dahulu sebelum makan nasi dan dangin-dagingan. Dan di sarankan untuk memilih makanan yang kadar lemaknya lebih sedikit (misalnya memilih minum susu kurang lemak di banding susu full krem).

Satu Tanggapan to “BERASA NGGA KALAU ABIS BULAN PUASA BERAT BADAN NAIK LEBIH CEPAT?”

  1. Arib said

    Makan sedikit2 tapi sering

    Mbak, gimana caranya makan sering di bulan puasa? Mbok yah namanya minum aja ga boleh selama 12 jam koq?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: