Makan Sehat Masa Kini

Silahkan post komentar, saran, pertanyaan atau input untuk topik bahasan. Seluruh input akan diterima dengan baik atau diresponse dengan seceria mungkin ^__^

Apa artinya pengakuan gizi dan kesehatan yang ada di label-label makanan?

Posted by rin-rin pada September 2, 2008

Banyak sekali pilihan-pilihan makanan di toko-toko, sehingga bingung dan sulit untuk mepilih produk yang sehat dan bisa di percayai. Meskipun banyak pemanufaktur makanan sudah mencoba untuk membuat para konsumen gampang memilih produk dengan menaruhkan label makanan di bungkusan makanan merka, label-label makanan tersebut justru bisa membingungkan dan menyesatkan. Ditambahkan pengakuan gizi dan kesehatan yang sekarang diuraikan di bungkusan lebih membingungkan lagi. Berikut ini ada beberapa penjelasan dari arti sebenarnya mengenai pengakuan gizi dan kesehatan yang teruraikan di bungkusan makanan. Diharapkan informasi di bawah ini akan membantu Anda untuk lebih mengerti dan bisa memilih produk yang sesuai untuk Anda.

 

Pengakuan Gizi

Arti sebenarnya…

Bebas kalori

Kurang dari 5 kalori per sajian

Rendah kalori

40 kalori atau kurang per sajian

Bebas lemak

Kurang dari 0.5 gram kadar lemak per sajian

Rendah lemak

3 grams atau kurang kadar lemak per sajian

Rendah lemak jenuh

1 gram atau kurang lemak jenuh per sajian

Bebas kolesterol

Kurang dari 2mg kolesterol per sajian

Rendah kolesterol

Kurang dari 20 mg kolesterol & 2 gram lemak per sajian

Bebas gula

Kurang dari 0.5gram lemak per sajian

Bebas garam atau sodium

Kurang dari 5mg per sajian

Kadar garam sangat rendah

35 mg garam atau kurang per sajian

Tidak ada garam

Tidak ada garam yang di tambahkan waktu lagi di proses. Bukan berarti bebas dari sodium

Sumber baik dari…

Menyiapkan 10% – 19% Daily Value dari gizi tersebut di bungkus itu

Mengurangi / dikurangi

25% kurang dari gizi atau kalori di makanan dari produk yang reguler

Banyak di…

Menyiapkan 25% atau lebih dari gizi tersebut di bungkus itu

Banyak fiber

5 gram atau lebih kadar fiber per sajian

Kurus (daging, ikan, & ayam)

10 gram lemak atau kurang 4.5 gram lemak jenuh & kurang dari 95mg kolesterol per sajian 3.5oz

Ringan

 Mengandung 1/3 kurang kalori atau 1/2 lemak per sajian atau 50% kurang sodium

Memperkaya atau fortifikasi

Produk makanan yang sudah diubah secara konten gizi sehingga satu sajian bisa menyediakan paling sedikit 10% lebih banyak gizi tertentu di bandingkan dengan makanan reguler.

Sehat

Redah lemak, lemak jenuh, sodium dan kolesterol dan paling sedikit mengandung 10% DV untuk vitamins A & C, iron, calcium & fiber

 

Pengakuan Kesehatan

Target Penyakit

Makanan yang kaya dengan kalsium dapat membantu mencegah osteoporosis.

Osteoporosis

Rendah sodium

Hipertensi

Rendah lemak jenuh dan kolesterol

Penyakit jantung

Makanan kaya fiber seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan butir-butir gandum dapat menurunkan resiko…

Kanker & penyakit jantung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: